PERTEMUAN ORANG TUA SISWA BARU DENGAN WALI KELAS 1

Diposting pada: 2016-02-24, oleh : Ayub, Kategori: Agenda Sekolah

PERTEMUAN ORANG TUA SISWA BARU DENGAN WALI KELAS 1  

SD YPS SINGKOLE TAHUN AJARAN 2015/2016

(Parent-Teacher Conference Hour)

Sekolah bukanlah menjadi satu-satunya faktor keberhasilan pendidikan seorang anak. Ada faktor-faktor lainnya yang sangat berpengaruh dalam kesuksesan pendidikan seorang siswa, salah satunya adalah orang tua (lingkungan rumah/ tempat tinggal). Oleh karena itu, komunikasi antara pihak Sekolah dan oragntua perlu dilakukan secara intensif agar kedua pihak ini bisa sama-sama bersinergi untuk perkembangan belajar peserta didik. Komukasi yang dilakukan harus berjalan dengan baik agar tidak terjadi miskomunikasi. Missed communication tidak akan terjadi ketika pihak sekolah dan orangtua senantiasa membangun komunikasi yang efektif terkait perkembangan peserta didik.

Membangun komunikasi dengan orangtua peserta didik sudah menjadi rutinitas SD YPS Singkole sejak bertahun-tahun yang lalu. Pertemuan tersebut dinamakan Parent Teacher Conference Hour, yakni kegiatan pertemuan antara orang tua siswa dengan pihak sekolah (wali kelas) yang dilaksanakan dalam tiga tahap yakni, awal semester, pertengahan semester dan di akhir semester. Untuk pertemuan tahap ke-dua (pertengahan semester) terkadang dilakukan dua hingga tiga kali pertemuan. Bahkan Sekolah menyiapkan waktu khusus jika ada orangtua yang secara individu ingin berkonsultasi dengan guru yaitu 13.30 – 14.30 untuk kelas besar dan 14.30 – 15.30 untuk kelas kecil dari Senin-Kamis. Hal tersebut dalam rangka mewujudkan sinergitas antara orang tua/ wali murid dengan wali kelas.

Salah satu hal yang terpenting dari pertemuan tersebut adalah proses penyatuan persepsi mengenai aturan tata tertib dan tata krama SD YPS Singkole. Proses diskusi terkadang sangat alot, bahkan terkadang memicu perdebatan antara orang tua siswa dengan wali kelas, ungkap Safriani Yusuf (Wali Kelas 1A)

  
Siswa terlambat tiba ke Sekolah atau siswa tidak mengerjakan PR adalah sekelumit pertanyaan yang mentradisi dari kegiatan Parent Teacher Conference. Belum lagi ketika seorang siswa tidak mencapai nilai sesuai  KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering terulang-ulang dalam pertemuan yang kami selenggarakan, ungkap Pak Abi Thalib, Wali Kelas 3D.


Setidaknya, kegiatan Parent-Teacher Conference Hour yang diselenggarakan oleh SD YPS Singkole memuat beberapa manfaat yang sangat besar, di antaranya :

  1. Orang tua bisa mendapatkan informasi yang utuh terkait perkembangan anak/ peserta didik selama belajar di sekolah;
  2. Guru mendapatkan informasi tambahan dari orang tua terkait perilaku-perilaku peserta didik di rumah;
  3. Terbangunnya komunikasi/ silaturrahim yang efektif antara sekolah dan orang tua;
  4. Adanya solusi terhadap berbagai macam permasalahan yang timbul selama kegiatan pembelajaran.

Tentunya, tradisi yang baik ini harus senantiasa dilaksanakan dan ditingkatkan intensitasnya. Semuanya hanya bermuara pada perwujudan tugas dan tanggung jawab masing-masing komponen baik guru dan orang tua dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. (Hai’ Doank)


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id