PERSARI DAN PERKAJU 2016

Diposting pada: 2016-04-19, oleh : Ayub, Kategori: Kegiatan Kesiswaan

Kamis 7 Januari  2015, ada yang beda di SD YPS Singkole. Biasanya hari Kamis sekolah dipenuhi oleh siswa yang mengenakan pakaian house berwarna-warni, namun hari ini sekolah dihiasi dengan seragam coklat lengkap dengan atributnya. Selain itu beberapa area dari SD YPS Singkole dipenuhi tenda yang berdiri kokoh, dihiasi gapura – gapura lengkap dengan nama regunya serta pagar yang tertata dengan rapi…itulah Pramuka…..

Ya! Hari ini diadakan PERSARI (Perkemahan Sehari) dan PERKAJU (Perkemahan Kamis dan Jumat). Kegiatan ini merupakan penutup dari rangkaian kegiatan pramuka yang telah dilaksanakan selama 1 semester. PERSARI diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 – 4 dan terbagi menjadi dua kelompok yaitu calon siaga dan siaga. Calon siaga terdiri dari siswa siswi kelas 1 dan 2. Sementara siaga terdiri dari siswa siswi kelas 3 dan 4 .

Meskipun kedua kelompok tersebut sama-sama mengikuti PERSARI namun kegiatan dan waktu pulangnya berbeda. Kegiatan kelompok calon siaga terdiri dari anjang sana, halang rintang dan lomba mewarnai. Semua kegiatan tersebut berakhir pada pukul 14.00 WITA. Sedangkan kegiatan kelompok siaga terdiri dari lomba antraksi seni dan budaya yel – yel, menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna serta lomba kebersihan tenda. Kegiatan kelompok siaga berakhir pada pukul 16.00 WITA.  

Kegiatan PERKAJU, juga tidak kalah meriah dari kegiatanPERSARI.  Kegiatan PERKAJU dikuti oleh semua siswa kelas 5 dan 6. Mereka dibentuk ke dalam beberapa regu putra dan putri yang membangun tenda sebagai tempat bernaung selama hari Kamis dan Jumat. Lomba di kelompok penggalang seperti; lomba kebersihan dan kelengkapan tenda, lomba kerapihan seragam pramuka, lomba membuat tandu P3K, lomba semaphore, Sandi Morse dan Sandi Kotak, lomba baris-berbaris, lomba penyelesaian SKU dan lomba permainan beregu.

Lomba tersebut berlangsung seharian dan pada malam hari dilanjutkan dengan upacara unggun api yang diikuti seluruh peserta pramuka penggalang dan para guru SD YPS Singkole. Upacara berlangsung dengan khitmat dipimpin oleh Bapak Lody Kolatlena, Kepala SD YPS Singkole. Api unggun meyala dengan merahnya menerangi area perkemahan dan menghangatkan semua orang yang ada di sana. Setelah acara unggun api kegiatan dilanjutkan dengan lomba antraksi seni hingga pukul 22.00 WITA. Setelah selesai peserta perkemahanpun diperbolehkan istirahat agar esok pagi tetap bugar untuk mengikuti rangkaian kegiatan selanjutnya.

Keesokan harinya, Jumat, 8 Januari 2016 kegiatan dilanjutkan dengan acara long march. Semua peserta perkemahan yang didampingi guru – guru SD YPS SINGKOLE melakukan jalan bersama menyusuri Soroako. Mereka melakukan perjalan panjang mengikuti tanda – tanda pramuka yang telah dipasang oleh pihak  panitia. Beberapa regu ada yang salah jalan namun akhirnya menemukan jalan pulang walaupun jalurnya menjadi agak jauh dari jalur yang sebenarnya.

Acara PERKAJU berakhir dengan susana yang gembira. Terlihat dari ekspresi siswa yang meskipun lelah dan letih namun mereka menikmati kebersamaan bersama teman regunya.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu sehingga acara PERKAJU bisa terlaksana dengan baik dan sukses. Sampai jumpa di PERSARI dan PERKAJU selanjutnya!


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id