Seminar PSIKOEDUKASI

Diposting pada: 2016-04-19, oleh : Ayub, Kategori: Komite Sekolah

SEMINAR PSIKOEDUKASI BAGI SISWA, ORANG TUA dan GURU SDS dan SDL tanggal 1-4 MARET 2016

Tanggal 1- 4 Maret 2016 atas kerjasama PTFA SD YPS Singkole dan Lawewu bersama dengan bagian Industrial Hygiene (IH) dan Occupational Hygiene Rumah Sakit Inco, RS Bedah Surabaya dan didukung EHS PT. Vale telah diadakan Seminar Psikoedukasi untuk siswa , orang Tua dan Guru SDS dan SDL. Kegiatan dilakukan selama 4 hari berturut-turut di hall TQI Sekum YPS. Materi disampaikan oleh Psikolog Pingkan Hapsari, M.Psi.

 Materi untuk siswa difokuskan pada isu pelecehan seksual terhadap anak dengan topik “Badanmu harus dilindungi” dan tentang bullying dengan topik “Aku tidak Mau menyakiti dan Disakiti”. Dalam materi untuk siswa, Psikolog Pingkan Hapsari mengajarkan identifikasi pada perilaku pelecehan seksual dan tips untuk mencegahnya. Anak harus tahu kapan dan oleh siapa bagian-bagian tubuhnya boleh disentuh. Juga tindakan yang perlu dilakukan jika anak mengalami pelecehan. Pendidikan seks disini adalah aktivitas membimbing serta mengasuh seseorang agar mengerti tentang arti, fungsi dan tujuan seksualitas sehingga ia dapat menyalurkan secara baik dan benar serta legal. Pendidikan seks usia dini bukan berarti mengajarkan cara melakukan seks. Untuk memeriahkan acara, diberikan juga doorprize bagi anak-anak yang aktif bertanya dan dapat menjawab pertanyaan.

Menyusul forum untuk siswa , diadakan pula seminar untuk Orang Tua dengan topik “Komunikasi efektif dalam memberikan edukasi seksual pada anak”.

Rangkaian seminar ditutup dengan ajang berbagi (sharing) dengan para Guru mengenai Pencegahan kekerasan seksual pada Anak didik yang diikuti seluruh Guru dari SD YPS SIngkole dan Lawewu.

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id